Welcome and Experience A Holistic Living with Colors Touch.

TERAPI WARNA

Selasa, 26 Nopember 2013 Dalam kehidupan sehari-hari kita dikelilingi oleh berbagai macam warna, entah kita dapat melihatnya atau tidak. Sebagai contoh kita memilih warna pakaian yang cocok dengan gaya atau profesi kita, demikian pula dengan mendekor rumah, dipilih warna-warna yang sesuai dengan kepribadian seseorang.

Selama bertahun tahun banyak orang telah mengetahui jika berbagai jenis warna bisa menimbulkan berbagai efek yang kuat. Warna dapat memberikan efek yang bersifat positif dan negatif terhadap diri kita. Faber Birren, seorang ahli psikologi warna mengatakan bahwa jika manusia normal cenderung akan mampu menemukan berbagai hal yang positif pada berbagai warna yang berbeda, akan tetapi sebaliknya manusia yang mengalami neurotic akan cenderung menemukan hal-hal yang bersifat negatif pada berbagai warna.

Pemilihan warna-warna yang dipilih seseorang akan merefleksikan kondisi bathin dan emosi serta dapat menunjukkan kepribadian orang tersebut. Bila perasaan anda dalam kondisi tertekan, maka anda akan cenderung untuk memunculkan pilihan warna-warna yang redup, sedangkan bila anda sedang dalam perasaan bahagia hasilnya anda akan memilih warna-warna primer seperti merah, biru, kuning yang terang.

Konsep dari terapi warna terletak dari pemilihan warna yang akan memberikan keseimbangan emosional. Seseorang yang sedang dalam kondisi kesepian diberikan terapi dengan pilihan warna merah agar dapat membantu efek pengaruh semangat dan kasih sayang. Kita menyerap energi dari setiap warna kedalam aura kita melalui kulit, tubuh akan menunjukkan pengaruh energi warna pada level seluler.

Warna dapat mengendalikan dan membantu untuk memantulkan cahaya, pengaruh pencahayaan sangat berperan, apakah warna yang terlihat dengan penggunaan lampu terang atau dari lampu dengan sinar hangat. Kombinasi yang bagus antara warna dan cahaya akan dapat memberikan sebuah kondisi yang sangat baik bagi seseorang.

Untuk bekerja dengan warna, penting untuk memahami pengaruh setiap warna terhadap kita baik secara psikologis maupun fisiologis. Berikut pengaruh warna untuk membantu anda meningkatkan wawasan mengenai kekuatan warna. Warna memiliki gelombang energi, pengaruhnya sangat besar bagi kita pada semua level.

Merah: Diidentikan dengan keberanian, penuh energi, aktif, hangat, menguatkan dan dapat memberikan rasa percaya diri.

Oranye: Diidentikan dengan usia muda, kesegaran, keceriaan, kehangatan, kebahagiaan, semangat, penuh energi, kreativitas, dan dapat meningkatkan gairah makan.

Kuning: Diidentikan dengan matahari, penuh energi, semangat, kesuksesan, kemewahan, optimis, dan dapat memancarkan semangat bersaing.

Hijau: Diidentikan sebagai alam, kesuburan, perkembangan, harmonis, teduh, santai, alami, sejuk, menyegarkan , dan dapat menenangkan.

Biru: Diidentikan sebagai laut atau langit, ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan, keluasan, kelegaan, dan dapat menimbulkan keamanan.

Violet: Diidentikan sebagai nilai spiritual, introvert, keagungan, mewah, kekayaan, kekuasaan,romantic, dan dapat mendorong belas kasih, empati dan kemanusiaan.

Coklat: Diidentikan dengan alam, kehangatan, kenyamanan, alami, keakraban, ketenangan, dan dapat menimbulkan kesan dingin/statis.

Abu-abu: perpaduan hitam dan putih, kestabilan, keleluasaan, ketentraman, dingin, statis, lengang, sepi, dan dapat menimbulkan kesan kesedehanaan.

Hitam: Diidentikan dengan perlindungan, gagah, megah, penuh vitalitas, kekuatan, elegan, ketabahan.

Putih: Diidentikan sebagai simbol kesucian, ketenangan, kebersihan, kemurniaan, kesederhanaan, kecanggihan.